Jumat, 16 Maret 2012

Definisi E-commerce Menurut McLeod

Baiklah, dalam tulisan sebelumnya, kita sudah melihat kasus bahwa menentukan definisi e-commerce itu penting.


Mari kita lihat terlebih dahulu definisi e-commerce menurut McLeod (2004:47).

"McLeod menjelaskan bahwa perdagangan melalui jaringan elektronik dapat didefinisikan secara sangat sempit: Ia dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan ia sering diganbarkan dalam hal internet seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain."

Lebih lanjut, McLeod mendefinisikan e-commerce sebagai berikut:

"Kita mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefinisikan perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Banyak operasi itu bersifat internal-mereka dilakukan di dalam perusahaan oleh area bisnis keuangan, sumber daya manusia, jasa informasi, manufaktur dan pemasaran. Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan elemen lingkungan."

Dari definisi tersebut, nampak bahwa definisi e-commerce menurut McLeod ini memandang e-commerce sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Semua operasi perusahaan yang dimaksud dalam definisi e-commerce oleh McLeod ini meliputi semua aspek baik internal maupun eksternal.

Aspek internal meliputi semua area bisnis dalam sebuah perusahaan yaitu:
  1. Keuangan
  2. SDM
  3. Operasi
  4. Pemasaran
  5. Jasa informasi
Sementara aspek eksternal meliputi 8 aspek yaitu:
  1. Pelanggan
  2. Pesaing
  3. Pemegang Saham atau pemilik
  4. Serikat pekerja
  5. Pemasok
  6. Masyarakat keuangan
  7. Pemerintah
  8. Masyarakat global
Dengan kata lain, McLeod memandang bahwa semua kegiatan perusahaan yang menggunakan komputer untuk memudahkan kegiatannya sebagai e-commerce.

Ok, dalam tulisan berikutnya kita akan melihat sudut pandang lain mengenai definisi e-commerce ini dari buku referensi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar